Senin, Januari 12, 2009

museum Fatahillah


jika anda adalah salah satu penikmat museum (aku juga termasuk salah satu-nya...), aku rasa museum yang satu ini udah masuk jadi jadwal wajib kunjung!!
terletak d salah satu sudut Jakarta, yang dikenal juga dengan sebutan "kota tua", museum ini tetep jadi primadona warga ibu kota.
bangunan 2 lantai ini emang sip dan kokoh banget (bener2 keren deh boook....).
perlu ganti berapa jenis kendaraan untuk mencapai museum ini. lumayan capek, gerah (sumpah..Jakarta lebih panas dari Surabaya...), polusi, dan banyak-nya kendaraan yang lalu lalang (nggarai angel nyebrang yooo!!) sama skali ga ngaruh dan ga bisa menghentikan langkah kaki yang penasaran banget pengen menginjak lantai museum ini.
waktu itu lumayan mendung, bukannya malah dingin...tapi malah gueraaaah!! ndak ono angin pula!! wess...lek gini rasae pengen tewas d tempat yang empuk aeee (dan ber-AC, tivi kabel, dan jangan lupa..ada Kimi disebelah ku ku ku...nyaman!!).
sebelum nyampe d main building-nya, terlebih dahulu aku ngelewatin kawasan yang d kenal dengan sebutan kota tua. emang bener-bener tua nih kota (yo iyo laaah..dodol!!). keren banget!! tapi sayang..lagi-lagi ga kerawatan.. banyak juga dinding-dinding yang dicorat-coret, bukannya mamberi kesan artistik..tapi malah bikin keliatan kumuh (eman polll...). aku ga tau bakal kaya apa kawasan ini waktu malam, kesan keren ato malah kesan serem yang ada d tempat ini.. over all aku kasi TWO THUMBS UP buat kawasan ini, bahkan klo ntar dah lebih d benahi lagi aku bisa kasi TEN THUMBS UP (nyelang jempole arek-arek wak wak wak!!).
ga ada kata capek sebelum aku berhasil nginjek museum Fatahillah. waktu aku masuk d tanah lapang, aku baru bener-bener kagum ama kawasan ini.. betaaaaaaaaaaaah!! d sana-sini yang ada cuman museum, museum, dan museum. eh ada cafe-nya dink (cafe yang kata ndrong tuh "londo soro!").
wes ga tahan pengen cepet-cepet masuk.
eitttt!!! tapi sebelum masuk..kita wajib bayar tiket (katanya sih untuk biaya perawatan museum..) sebesar Rp. 750,00 sahaja. sangat murah!! sangat murah untuk tempat sekeren museum Fatahillah.
waktu itu emang lumayan banyak juga pengunjung yang dateng d museum ini. tujuan mereka macem-macem. ada yang dateng karena penasaran, dateng karena pengen liat, dateng karena banyak great spots buat belajar photography, n mungkin juga dateng buat d jadiin tempat pacaran (aje gileee...pacaran skaligus ngerjain PR Sejarah tah??). no matter apa tujuan mereka, tapi tetep lah setidaknya mereka ikut melestarikan tempat ini (dengan membayar uang tiket dong he he he...). ada yang aneh dari museum (yang dulue rumah dinas ato d kenal juga dengan nama Stadhuis dari Gubernur Hindia Belanda..) ini. kok ada becak, gerobak bakso, ama kios rokok d dalem-nya ya??? rodok ga nyambung juga siih... tapi cuek ae, malah asik buat tempat poto-potoan he he he.
semakin masuk, aku nemuin papan d dinding dengan tulisan Bahasa Belanda sing temtu aku ndak ngerti babar blasssss!!! d situ juga ada tangga, yang katanya sih menuju kubah atas tempat lonceng (d bunyiin klo mo ada "acara" hukum gantung d lapangan situ.. gitu mungkin ya...). jalan lagi.. turun tangga.. aku nemuin tempat kecil, gelap, dan rendah banget!! dan itulah penjara tempat warga batavia (skrg kan wes jadi Jakarta) d tangkap. untuk masuk penjara yang pengap dan dengan atap-atap yang njubilah puendek soro ini, kita emang perlu agak bungkuk. ga bayangno yo penjara yang sekecil itu di isi mungkin sekitar 100 ato lebih tawanan. d situ juga banyak banget bola-bola yang terbuat dari beton ato mungkin besi yang bueraaatt banget! dulu bola itu berfungsi untuk d iketin d kaki para tawanan, mungkin dengan maksut biar ga bisa lari kali yaaa (tapi lumayan lah isa buat maen bowling hi hi hi..). butuh banyak keberanian buat masuk dan poto-poto d dalem ruang tahanan yang sempit itu.. ga tau lah, tapi bawaane kok merinding tok yo? ndak enak banget. tapi suwer waktu d dalem situ, trus aku ngerasa pengen nangis apalg klo ngebayangin mereka yang dulu d tawan d dalem penjara yang sekecil upil ini..
oiya d halaman belakang museum ini ada patung salah satu dewa Yunani, yang katanya sih emang udah ada d situ sejak dahoeloe kala.
museum Fatahillah ini emang keren banget!! bahkan aku sempet kepikiran pengen ngejadiin museum ini sebagai salah satu tempat pre-wed (he he he..lah kok akir2e nyasar nang pre-wed toh yo?!?!).
d sekitaran museum ini msi ada museum-museum laen, antara laen museum wayang dan museum keramik (yang ndak aku kunjugi saat itu, dan skarang nyesel soro yoo...).
klo ada kesempatan aku maen d Jakarta, aku pasti bakal mampir d kawasan ini lagi...
bener-bener aku dah cintrong ama kawasan Kota Tua Jakarta...
pemerintah..smoga museum ini bisa lebih d bersihkan, kawasan disekitar lebih d benahi biar ga berkesan kusem..
Fatahillah rules!!

Tidak ada komentar: