Kamis, Januari 08, 2009

MoNas... kok gitu sih??


smua orang pasti bangga klo punya ikon yang membanggakan. disana-sini slalu disebut-sebtu, jadi maskot, dan jadi lambang dari segalanya...
tapi giliran disuruh jaga "wah..itu bukan urusan saya..".
itu juga yang terjadi ama salah icon Ibu Kota.
monas, begitulah nama yang disebut-sebut juga sebagai "jantungnya Jakarta".
dari luar tampak begitu megah.. dengan d kelilingi lapangan yang luasnya amit-amiiiiiiitt...jangan pernah coba2 jalan kaki buat keliling deh yoooo (jadi inget waktu kesasar cari pintu keluar ama siska hi hi hi...), monas emang terlihat menarik dan gagah (dari luarnya...).
dengan langkah manteb..aku emang dah ga sabar pengen ngeliat lagi isi dari monumen berujung emas ini. kenangan masa kecil akan "dalemannya" monas, seakan-akan ikut keluar menemani langkah kaki menuju pintu masuk.
suasana emang masih (huumm...kaya'nya emang sepi tiap ari deh yo...) sepi. belum banyak pengunjung yang aku temui, tapi itu ndak ngaruh buat aku tetep melangkah pasti dan mencari pasti dimana seh letake pintu masuk alias entrance to monas?!?!?!?!
monas lagi dalam perbaikan, huuumm..lagi dibersihin lah lebih tepate...
menyusuri lorong (dalam rangka mencari pintu masuk yang belum ketemu juga..), senyuman pertama yang menyambut kedatanganku adalah senyuman dari mas-mas penjual souvenir ngemperr... well...it's monas!! tapi kok bisa ada PK5 d dalem lingkungan monas????
akirnya aku ketemu deh ama "loket pembelian tiket masuk".
harga tiket masuk monas lumayan tinggi (dibanding museum2 laen).
untuk perorang Rp. 7.500,-. dan untuk pelajar (disertai dengan menunjukkan kartu pelajar) kira-kira Rp. 5.000,-.
untunglah aku masi megang ktm dari tempat aku kuliah dulu (universitas X di Sby ku ku ku..) dan bermodal wajah yang masi imyut-imyut suwegerrr ini... harga pelajar-pun jadi milik kita (iyesss!!!!).
dengan harga tiket yang segitu, dalam pikiran aku udah ngebayangin kondisi monas yang nge-CLING gitu deh.. dan ternyata kondisi itu amat sangat kontras dengan apa yang aku liat (on da spot!!).
ruang diorama yang seluas geger'e gaban itu sureeeeeeeeeeeem banget! untuk perkiraan.. dari jumlah neon yang mungkin ada 50 neon itu, paling yang dinyala'no cuma sekitar 20 neon. jadi kaya rumah hantu euy....
puas keliling liat dorama, kok jadi belet pipis...
kondisi toilet didalem monas.. fuuuuhh...LEBIH MENGENASKAN LAGI!!
bau... kotor... surem... serem... ga ada tisu... jorok... becek... ga ada ojek... dan ada pungli pula!!
"serebu, neng, per orang.." gitu lah kata si mas yang ngaku2nya seh sebagai orang dalam monas (mek bondo klambi ono tulisane "monas" ngono tok...).
ok deh..gpp lah...
akirnya...saat yang kutunggu dateng juga!! naek puncak monas!!
semangat membara...dan...DIENK GLUDAK!! NGANTREEEEEEEEEE!!!
satu-satunya yg ga berubah yang ada d monas, ngantre panjaaaaaaaaang buat bisa naek kepuncak tertinggi.
bayangin aja.. satu lift berkapasitas maks 15 orang (klo ada aku ama ndrong ya paling banter untuk 8 orang ae...), harus naik turun menjemput antrean yang bisa mencapai 100 orang lebih...
dengan penuh kesabaran (sampe nglempoh-nglempoh d lante lho, rekkk...) dan rasa penasaran, mau ga mau yo tunggu giliran.
akirnyaaa... nyampe juga d puncak monas!!! angin d puncak monas emang was wus was wus ndak karu-karuan. jakarta dari puncak monas...tampak tidak "membahayakan" apalagi "sekejam ibu tiri...".
dan d puncak monas itulah awal perjumpaanku dengan an old freak Slovenian-man!!!!
so...ramah (rajin menjamah, reeek!!) banget lagi tuh orang!!!!!
mungkin dia pura-pura ga ngerti bahasa inggris, nggombes ae gawe boso German ambe konco e (tapi konco e ganteng, reeek... jek muda.. tour guide mereka). sambil omong2 boso planet (ups..sorry..), eeeh.. si bapak tuwek itu pake acara pegang-pegang diriku!!!
so pasti aku KABOOOORRR!! LARIIIIIII!!!!!!!!!!!!
hiii...serem deh yooo...
monas... sampe kapan ya bakal tetep sama..
tetep sepi..
tetep surem..
tetep ada pungli-nya..
tetep ada pedagang ngemper-nya..
mungkin bisa berubah, jadi lebih baik lagi (tirulah museum KAA d Bandung yang tetep terawat walaupun free of charge!! salut banget deh yoo!!!)
mungkin bisa berubah, jadi lebih buruk lagi..
please save monas!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

hahahahaha
Yah lebih baik lah....
Aku durung tau nang monas....
Setidaknya menurut ingatanku sak durunge kenek amnesia :P